Minggu, 01 Februari 2015

apa beda 'Blue core dengan YMJET-FI

Apa beda 'Blue Core' dengan 'YMJET-FI' di Yamaha?
Di tengah hangatnya kemunculan 'Blue Core' dalam panggung pameran Indonesia Motorcycle Show (IMoS) 2014, muncul kebingungan antara istilah tersebut dengan teknologi mesin irit yang dikembangkan pabrikan berlogo garpu tala ini, YMJET-FI. Pasalnya, secara garis besar, keduanya mengedepankan keiritan sekaligus performa.

M Abidin, GM Service & Motorsport Yamaha Indonesia, berujar bahwa keduanya merupakan istilah yang berbeda. YMJET-FI atau Yamaha Mixture Jet Fuel Injection pada dasarnya merupakan teknologi, sementara "Blue Core" adalah filosofi.
"YMJET-FI itu kan teknologi. Kalau ini (Blue Core) lebih pada filosofi. Filosofi bekerja itu menggunakan Blue Core. Maksudnya adalah mencapai titik tertinggi di dunia enginering. Jadi siapa yang bisa buat motor irit, fun, power-nya gede," kata M Abidin.
Ia pun memperjelas bahwa 'Blue Core' sejatinya merupakan pakem dalam mengembangkan sepeda motor mereka. Menurut dia, 'Blue Core' nantinya tidak hanya pada mesin, tetapi juga pada bodi sepeda motor dan lainnya.
"Blue core ini bukan cuma pada engine, tetapi juga pada body dan lain-lain. Blue core ini adalah titik tertinggi sampai ada kata-kata, setetes pun, kami akan perhitungkan," tambah Abidin.
Yamaha sendiri akan segera meluncurkan produk dengan 'Blue Core'. Sebagai gambaran, Yamaha sudah memiliki sepeda motor Blue Core di Thailand dan Vietnam. Keduanya berbasis skutik retro. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar